Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal


Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal yang Selalu Minta Format

Ini sesuai dengan pengalaman saya sendiri.. saya memiliki 2 buah hardisk external dan kedua hardisk external saya mengalami hal yang sama, ketika hardisk externalnya saya colokin ke PC atau laptop selalu minta format trus. Saya bingung soalnya didalam hardisk tersebut banyak data penting. Jadi saya coba berbagai jenis jurus-jurus yang saya bisa. Sudah mencoba berbagai jenis aplikasi dan saya banyak meliat tutorial yang menyuruh format hardisknya saja trus guanakan aplikasi recovery data untuk mengembalikan data-datanya. saya tadinya sudah hampir mau menyerah karna gagal trus. Tapi saya tidak mau menyerah begitu saja, dan akhirnya berhasil.
ciri-ciri masalah hardisk yang saya alami sebagai berikut:
1. Ketika masuk window explorer partisi hardisk tersebut kosong dan hanya tulisan local disk (j),nama (j) sesuai dengan posisi removable
    disk pada komputer anda
2. Hardisk tersebut minta format
3. Komputer saya menjadi hang / lemot
Sebenarnya cara ini sangat simple tapi bermanfaat membikin hardisk ku berjalan dengan normal lagi, cara ini tidak menggunakan aplikasi. Nah,,,lansung aja ke caranya sebagai berikut :
1. Masuk ke run dengan cara tekan tombol logo WINDOWS(start) + R pada keyboard atau klik logo WINDOWS(start) -> Run
2. Ketik cmd
3. ketika sudah masuk di command prompt lalu ketik chkdsk /r /f j: lalu tekan enter (j: adalah posisi removable disk pada komputer anda,jadi
    sesuaikan dengan posisi removable disk komputer anda)
Setelah itu bikin kopi dulu untuk menunggu prosesnya, 🙂 hehee…. karna proses ini lumayan memakan waktu yang lama.
Semogra trik ini bermanfaat bagi Anda.
Advertisements
By meukisi